Monday, September 24, 2018

Bab 2 ~ Class, Method, Constructor, Modifier dan Object



1.      Membuat Program Disket.java

public class Disket {

  int panjang = 10;

  final int LEBAR = 10;

  String warna = "kuning";

  String bentuk = "segiempat";

  String data= "  ";



 void simpanData (String data1){

            this.data +=data1;

  }



  void hapusData(){

            data = "  ";

  }



  String bacaData(){

            return data;

  }

}

2.      Membuat Program MainDisket.java

class MainDisket {

            public static void main (String[]args){

                        Disket disk1 = new Disket ();

                        System.out.println("Panjang disket = " +disk1.panjang);

                        System.out.println("Lebar Disket = " +disk1.LEBAR);

                        System.out.println("Warna Disket = "+ disk1.warna);

                        System.out.println("Bentuk Disket = "+ disk1.bentuk);



                        System.out.println("data mula-mula = " +disk1.bacaData());

                        disk1.simpanData("Belajar Java");

                        System.out.println("Setelah      SimpanData "+disk1.bacaData());

                        disk1.hapusData();

                        System.out.println("Setelah hapusData = "+disk1.bacaData());

            }

}



Mengimplementasikan konstruktor pada class Disket

·         Buka file Disket.java

·         Ketik source code dibawah ini pada baris ke 7 dari Dokumen Disket.java, setelah diketikan, simpan compile dan run kelas Disket.java

Disket(){

                 panjang = 100;

}

Disket (int panjang1) {

     this.panjang = panjang1;

}




No comments:

Post a Comment

Bab 1 ~ Dasar - Dasar Java

1.       Membuat Program HelloWorld .java public class HelloWorld {             public static void main (String [] args){    ...